Senin, 04 Mei 2015

[Resensi] Looking for Alaska

ISBN             : 978-602-03-0732-9

Penulis         : John Green

Halaman       : 288

Cetakan II     : Agustus 2014

Cetakan III     : September 2014

Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama

Bahasa         : Indonesia


Sebelum. Miles "Pudge" Halter sangat suka kata-kata terakhir yang terkenal––dan bosan dengan kehidupannya yang biasa saja. Ia masuk sekolah berasrama Culver Creek untuk mencari apa yang disebut penyair Francois Rabelais sebagai "Kemungkinan Besar". Hidupnya jungkir balik di sekolah itu, yang kadang gila, tidak stabil, tak pernah membosankan. Sebab di sana ada Alaska Young, yang menawan, pintar, lucu, seksi, kacau, dan sangat memikat. Alaska menarik Pudge memasuki dunianya, melontarkannya ke dalam "Kemungkinan Besar", dan mencuri hatinya.
Sesudah. Segalanya tak pernah sama lagi.

____________________________________________________________________
Buku ini bisa didapatkan di toko buku online Bukupedia
______________________________________________

Dalam buku ini, John Green menceritakan tentang kehidupan Miles Halter --Sang Tokoh Utama-- yang memutuskan bersekolah asrama di Culver Creek untuk mencari "Kemungkinan Besar"-nya. Di sana, Miles sekamar dengan Chip Martin, dia menyebut dirinya sebagai Kolonel. Dia memberikan nama panggilan untuk Miles yaitu, Pudge. 

Miles bersahabat dengan Chip, Takumi dan Alaska. Miles tertarik dengan Alaska, perempuan itu menyembunyikan banyak teka-teki. Sampai suatu malam, Alaskan meninggalkan Culver Creek. Misteri itu dipecahkan oleh Miles, Chip dan Takumi.

John bisa menata plot dan kalimatnya dengan indah. Pembaca buku ini seolah dihipnotis untuk terus membaca. Buku ini menggunakan sudut pandang orang pertama yang membuat para pembaca merasakan keseruan, kenakalan dan kejahilan pada masa sekolah. Cerita tentang persahabatan membuat pembaca  ingin mempunyai jalinan persahabatan seperti mereka.

Namun, ada bagian yang menurut saya tidak cocok untuk dibaca remaja seperti saya sendiri.

Buku ini bisa dijadikan sebagai bacaan ringan, dan banyak yang merekomendasikan buku ini. Saya berikan penilaian 4/5 untuk buku ini.

"Francois Rabelais. Dia penyair. Dan kata-kata terakhirnya adalah, 'Aku pergi untuk mencari Kemungkinan Besar,' itulah alasanku pergi. Agar aku tak harus menunggu sampai mati untuk mulai mencari Kemungkinan Besar."-Looking for Alaskan, hlm 11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar